Gigabyte GeForce GTX 980 G1 Gaming Review

Gigabyte GeForce GTX 980 G1 SOC (Super Overclock) seri gaming graphics card berbekal desain kustom, dua 8-pin daya feed dengan WINDFORCE baru berbasis pendingin ini didasarkan Maxwell usungan kartu high-end! G1 Gaming memiliki 4 GB memori grafis, hemat energi dan factory overclocked.

Melihat trend yang berlawanan, PC game mendapatkan lebih banyak serta lebih populer. PC gaming punya pengalaman jauh lebih baik dari apapun di luar sana. Kira-kira satu setengah tahun yang lalu sudah jelas bahwa Nvidia sedang menggodok arsitektur GPU baru di bawah codename Maxwell, ya, dinamai matematika fisika. Maxwell GPU sebenarnya adalah generasi ke-10 dari arsitektur GPU Nvidia. Dengan beberapa tujuan desain (kinerja yang lebih tinggi dan konsumsi daya yang rendah) Nvidia berharap untuk mencapai 20nm pada saat produk high-end mereka akan diluncurkan. Sangat jelas bahwa node 20nm belum layak untuk volume produksi wafer dengan jumlah transistor besar. Jadi Nvidia terjebak dengan 28nm, ini membuat silikon mereka cukup besar, dalam proporsi yang relatif tentu saja. Tidak ada yang kurang, Nvidia telah bergerak maju dan saat ini produk berbasis 2 Maxwell (GTX 750) sedang dirilis sebagai GPU berbasis GM204. Ya, benar, GM204, bukan GM210, Nvidia sekali lagi menggunakan 'high-end', bukan 'kelas antusias'. 

Berbekal tegangan, daya dan beban pembatas Nvidia bisa berhasil dalam kinerja yang besar. Mereka melakukan yang sama dengan Kepler, GK104 dibandingkan GK110. Jadi Nvidia tentu melakukan sesuatu yang benar. Terbukti bahwa seperti yang kita lihat dua produk tampil di GTX 780 Ti dalam berbagai kinerja, tetapi keduanya akan mengkonsumsi daya jauh lebih sedikit. Itu sebenarnya target desain fitur utama untuk Maxwell, kinerja yang lebih dengan konsumsi daya yang lebih kecil. GPU yang digunakan adalah GM204 28nm, dua turunan yang dibuat dari itu adalah GeForce GTX 970 dan 980. Nvidia memutuskan untuk melewatkan seri 800 untuk menghindari kebingungan. Maxwell adalah arsitektur baru karena itu diluncurkan dengan nama seri baru. Dalam artikel ini kita akan memiliki tampilan yang luas pada arsitektur belakang Maxwell, kita akan melihat performa gaming dari Full HD Ultra HD, kita akan melihat kekuatan dan karakteristik termal.

Dalam review ini bisa dilihat mistik G1 game edisi GeForce GTX 980 dari Gigabyte. Dengan PCB kustom, semua desain gelap dan model 600W WINDFORCE, dengan pendingin baru GTX 980 akan mendapatkan semua pendinginan yang dibutuhkan, temperatur maksimum 65' C, tingkat kebisingan rendah. 1228 MHz core GPU frekuensi clock dengan frekuensi 1.329 MHz, bahkan setelah Anda mulai tweak akan melihat 1.500 MHz dengan sedikit keberuntungan!
Gigabyte GeForce GTX 980 G1 Gaming Review Gigabyte GeForce GTX 980 sekarang menawarkan Edition 'G1 Gaming'. Gigabyte merombak board mereka dari referensi desain. Anda akan melihat sebuah PCB kustom dengan delapan fasa dan dua header daya 8-pin untuk headroom overclocking. PCB matte berwarna hitam serta 600W WINDFORCE pendingin yang digunakan. Kartu ini akan terlihat cantik dalam PC hitam putih.
Gigabyte GeForce GTX 980 G1 Gaming Review Berukuran 29 ~ 30 cm karena pendingin, jadi silakan periksa apakah itu cocok di dalam chassis Anda, karena sedikit lebih panjang. Ini adalah edisi SOC dari seri Gaming G1, yang berarti ia memiliki clock inti yang lebih tinggi, cukup mengesankan juga. Clock inti dasar GPU bekerja di 1228 MHz, dapat ditingkatkan up-to 1329 MHz! Dengan memori 7,0 GHz (efektif data-rate) 256-bit serta bus memori 4GB GDDR5.
Gigabyte GeForce GTX 980 G1 Gaming Review

Kartu grafis ini dual-slot, itu adalah komposit heat-pipe berukuran 5x8mm & 1x6mm. Aliran udara dibagi melalui fan tepi dan dipandu melalui kipas dengan desain khusus kurva bergaris. Menurut Gigabyte yang efektif untuk meningkatkan aliran udara sebesar 23%, untuk mengurangi turbulensi udara. Gigabyte telah menerapkan pemilihan komponen mereka ultra durable dan dual-bios. Di atas anda akan melihat sebuah LED menyala, dengan kecerahan yang disesuaikan.
Gigabyte GeForce GTX 980 G1 Gaming Review Kartu ini memiliki desain daya maksimum 165 Watt, namun karena clock tinggi dan desain tweaking tambahkan 15-20 Watt, Grafis ini dibuat untuk overclock. delapan fase daya dan dua header daya 8-pin di combo dengan pemilihan komponen yang banyak untuk tweak. Periksa bagian belakang di mana ada logam yang kokoh back-plate tebal dengan banyak ruang ventilasi.
Gigabyte GeForce GTX 980 G1 Gaming Review Kartu ini akan mendapatkan tidak kurang dari enam konektor display, Anda akan melihat tiga konektor yaitu Display Port connectors, HDMI konektor 2.0 dan dua konektor DVI (dual-link). HDMI 2.0 yang berarti bahwa monitor yang kompatibel dan tellys dapat melakukan UHD pada 60 Hz, DP adalah 1.2 tetapi memiliki dukungan untuk EDP 1.4. Resolusi maksimal bisa 5120 x 3200 pixel pada 60 Hz. Anda dapat menggabungkan konektor ini untuk mengatur tampilan surround (multi-monitor) setup. tapi dual-link DVI tidak berarti anda dapat menghubungkan dua monitor untuk satu konektor. Dual-link berarti sinyal ganda, bahwa arah monitor resolusi 1920x1200 lebih dapat didukung, atau anda bisa menggunakan monitor 120Hz. Jadi secara sederhana, dual-link DVI mendukung resolusi tinggi (di atas 1920x1200) atau tinggi refresh rate (120Hz) monitor.

Gigabyte GeForce GTX 980 G1 Gaming Review

Salah satu bahan utama untuk seri G1 Gaming adalah pendinginan dengan kinerja tinggi. Dikombinasikan dengan kekuatan, frekuensi, beban dan pembatas termal, Gigabyte akan mencoba untuk memaksimalkan kinerja dari kartu di ambang batas maksimum sekitar 65'C untuk 980 model. Dengan teknologi pendingin dapat menghilangkan hingga 600W panas.

Dipatenkan "Segitiga Cool" teknologi peningkat kinerja pendinginan 35%
Fitur dengan dipatenkan "Segitiga Cool" teknologi, WINDFORCE 600W dapat menghilangkan panas dengan mudah dari GPU. Kinerja pendinginan adalah 35% lebih baik dari desain biasa.
 
Desain kipas unik hingga 23% CFM
Seluruh desain kipas dengan kurva garis 3D khusus dapat membagi aliran udara, mengurangi zona tenang dan meningkatkan kinerja pendinginan. Aliran udara yang meningkat hingga 23%!
      
Arsitektur khusus menambah hingga 45% daerah pembuangan panas
GIGABYTE dengan desain WINDFORCE 600W dengan arsitektur fine khusus. Desain direferensikan hingga lebih dari 45% wilayah pembuangan panas untuk kapasitas pendinginan yang lebih baik dan secara signifikan mengurangi hambatan udara.
      
Komposit panas-pipa meningkatkan kapasitas pendinginan 29%  
Sistem pendingin ini dilengkapi dengan komposit panas-pipa, perangkat transfer panas menggabungkan kedua konduktivitas termal dan fase transisi untuk mengelola transfer panas antara dua antarmuka padat dengan peningkatan kapasitas pendinginan 29%.
Gigabyte GeForce GTX 980 G1 Gaming Review 
Di bagian atas dari kartu ini dapat dilihat dua header daya 8-pin. Desain referensi semua memiliki dua 6-pin header. Di sebelah kanan anda dapat melihat logo WINDFORCE, LED diaktifkan dan animasi namun dapat dikonfigurasi dengan perangkat lunak.
Gigabyte GeForce GTX 980 G1 Gaming Review

A 7 + 1 phase power supply berfungsi untuk memasok GPU dan memori. Satu power supply fase tambahan didedikasikan untuk memori GDDR5 board. Seperti yang anda lihat, kartu ini memiliki konektor SLI jadi jika anda punya uang untuk membeli 2, 3 dan 4-way SLI merupakan pilihan tepat, meskipun direkomendasikan dua kartu maksimum untuk skala yang terbaik.

Gigabyte GeForce GTX 980 G1 Gaming Review


No comments:

Post a Comment