Ternyata Ini Kegunakan Pasta Solder Dalam Dunia Elektronika


Pasta solder merupakan bagian yang tak terpisahkan dari proses penyolderan. Flux pasta solder merupakan senyawa yang bersifat korosif yang berfungsi untuk menghilangkan lapisan oksidasi pada permukaan komponen yang disolder, mencegah pembentukan lapisan oksidasi baru saat disolder dan menurunkan ketegangan permukaan timah solder cair.


Bagi para teknisi yang sudah senior dan berpengalaman tentu pasta solder ini sudah menjadi suatu keharusan untuk menghasilkan solderan yang bagus sehingga tidak mudah korosi. Sebenarnya pada timah juga sudah terdapat pasta solder tetapi kualitasnya tidak bagus (tergantung kuwalitas timah) sehingga hasil solderan kurang maksimal, jadi akan lebih bagus menggunakan pasta solder. Selain itu pasta solder juga membuat mata solder tetap awet karena selalu bersih dari kotoran yang menempel.


Flux pasta solder sendiri ada banyak sekali jenisya, mulai dari yang kualitas rendah sampai yang bagus, tentunya semakin bagus juga semakin mahal, jadi sesuaikan dengan kebutuhan juga dengan isi kantong. Lalu bagaimana cara penggunaannya? Penggunaan pasta solder ini cukup mudah yaitu bisa diberikan pada permukaan yang akan disolder, pada saat dipanaskan, pasta solder akan meleleh dan mengalir ke dalam ruang antara kaki-kaki komponen dan pcb, sehingga menghasilkan solderan yang baik dan tidak njlepret yang menyebabkan konslet antar kaki komponen terutama komponen yang berkaki banyak seperti IC, apalagi ic jenis smd bisa dikatakan wajib menggunakan flux pasta solder.

Mungkin itu saja sekilas tentang bagaimana cara serta kegunaan dari pasta solder.

No comments:

Post a Comment