Ternyata Mudah - Share Pengalaman Diterima Google Adsense

Halo sobat, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman lika-liku sampai diterimanya blog ini oleh google adsense (full approve). Mungkin memang impian sebagian besar para blogger untuk bisa diterima adsense. Awal membuat blog dulu cuma iseng ikut-ikutan teman, nulis artikel juga asal-asalan(sesuai hobi).

Singkat cerita tanggal enam kemarin (kalau tidak salah) tiba-tiba saja kepikiran untuk iseng daftarin blog ini ke adsense, dalam benak saya kalau ditolak juga tidak rugi, Sebelum mendaftar saya nulis satu artikel pendek judulnya jadwal imsakiyah..... tulisannya sedikit plus gambar. Tanpa menunggu lama langsung saja saya ajukan blog saya ini, kebetulan sudah punya adsense daftar dari youtube (tapi channelnya belum monetisasi ☺). Setelah saya kirim dapat balasan disuruh tunggu masih ditinjau, katanya kurang 24 jam bahkan bisa lebih lama. Ok..lagian saya gak begitu mikirin hehe..

Nah.. keesokan harinya waktu itu pas habis makan sahur saya buka email (ada rasa penasaran juga) sambil nyruput kopi saya buka email dan ternyata haha.. katanya situs saya tidak siap menampilkan iklan, disuruh memperbaiki.

cara mudah diterima google adsense

cara mudah diterima google adsense
Hmmm... ya pantas saja memang blogku asal-asalan (gumam dalam hati), tapi ini membuat saya jadi penasaran, saya merenung sambil baca berkali-kali isi penolakan.
Situs belum siap menampilkan iklan: pikir saya ini seperti rumah yang belum siap huni :D yang navigasi atau interaksi dengan kontennya sengaja dibuat sulit atau mengesalkan. Mencakup halaman atau aplikasi yang masih dalam proses pembuatan, tidak berfungsi, atau mengarah ke pesan error: menurut saya ibarat rumah jalan menuju kamar, ruang tamu, dapur dll belum jelas atau belum selesai dicat atau mungkin masih banyak bekas material berserakan :D (mungkin lho ya). Kemudian saya mencari informasi, ada yang menyarankan ganti template, konten kurang bermutu (ada benarnya hee), memperbaiki link yang error, melengkapi menu halaman about, sitemap, tos, disclaimer, contact, privacy policy, mengatur tata letak dan lain sebagainya banyak sekali malah bikin pusing hii..

Singkat cerita saya ambil yang paling mudah dan yang tidak menyita banyak waktu, yaitu template tetap pakai bawaan seperti sekarang ini cuma saya tambah menu tos, disclaimer, privacy policy, sitemap, karena sebelumnya cuma ada contact dan about. Lalu untuk widget saya pasang kotak pencarian, populer post, label, sama archive, untuk tata letak seperti tampilan sekarang ini. Kemudian saya perbaiki semua link yang error (saya cek broken link lumayan banyak), link yang tidak penting saya hapus kemudian saya index di webmaster (sudah beres menurut saya) lalu tanpa pikir panjang langsung saja mengajukan lagi soalnya penasaran hehe... Sama seperti yang pertama saudara-saudara situs belum siap inventaris berharga sedang dibuat hihihi... wahh apaan sih ini (agak kesel tapi dikit soalnya capek sudah benahi sana-sini). Pikir saya ya sudah ngapain dipikir, akhirnya saya tidak buka blog beberapa hari. 

Waktu itu malam-malam tidak ada kegiatan apa-apa jadi bingung mau ngapain akhirnya terbersit pikiran mau coba lagi mengajukan ulang google adsense, lansung dah buka internet tak kirim lagii..... seperti biasa disuruh menunggu masih ditinjau hehe... Keesokan harinya saya buka email ternyata sama sobat-sobatku semua... isinya sama situs belum siap hik hik... akhirnya saya putuskan ya sudahlah lagian gak begitu penting.

Kira-kira seminggu tidak buka blog, anehnya tiba-tiba kepikiran lagi pengen mengajukan ulang google adsense :D Lalu saya buka adsense untuk mengirim ulang permohonan setelah itu saya menulis sebuah artikel buat nambah-nambah, dalam hati paling-paling juga ditolak lagi. Esok harinya habis tarawih saya memang sengaja untuk buka email karena memang jujur saya penasaran :D setelah membukanya ternyata isinya diluar dugaan... seperti gambar di bawah ini:


cara mudah diterima google adsense

cara mudah diterima google adsense

Senang sih tapi kalau saya pikir-pikir dilihat dari sisi konten (artikel) isinya cuma seperti ini (teman-teman bisa lihat), traffic juga sangat minim, terus pertimbangan apa sehingga tim google adsense yang tentunya sangat teliti pada waktu peninjauan menerimanya?  saya juga kurang tahu hehe

Jadi dari apa yang saya alami dapat disimpulkan (ini menurut saya) begini:
  • Konten atau artikel memang yang paling utama.
  • Template yang sederhana saja, tentunya mudah diakses dari berbagai perangkat, istilah kerennya responsif.
  • Menu laman contact, sitemap, tos, disclaimer, privacy policy, about.
  • Tata letak serta menggunakan widget yang penting-penting saja, seperti label, archive, post populer, penelusuran.
  • Jangan terburu-buru setelah melakukan perbaikan terus langsung mengajukan ulang, kasih jeda yang agak lama. Gambar di bawah ini waktu jeda saya mengirim ulang permohonan sampai di approve.

cara mudah diterima google adsense

Itu tadi sekedar cerita pengalaman saya mengenai google adsense dari ditolak sampai diterima (full approve). Saya yakin banyak sekali teman-teman blogger yang sudah mengalaminya, untuk teman-teman yang belum diterima tetap semangat ya.. tapi menurut saya tidak terlalu sulit bahkan saya sempat berpikir kalau tahu semudah ini sudah saya daftarkan dari dulu pasti sudah gajian dari adsense :D

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment